Membuat FTP server di Windows XP




Kali ini ane akan share cara membuat FTP server dengan menggunakan Windows XP. Software yang ane gunakan adalah FileZilla Server tapi karena FileZilla Server sudah ada di dalam Xampp jadi ane menginstall XAMPP aja ehehehe..


Langsung saja.. pertama install dulu xampp'a. Kalau sudah aktifkan service FTP servernya. klik tombol start kemudian tombol admin akan aktif. Selanjutnya Klik tombol Admin


Setelah klik tombol admin, akan muncul seperti gambar di bawah ini. langsung saja klik OK


Sekarang kita akan menambahkan user FTPnya. caranya klik tombol user

Klik Tombol Add untuk meambah user baru

Masukan password bila ingin user tersebut menggunakan password saat mengaksess FTP

Pada bagian shared folder silahkan cari folder yang akan di share di FTP

Jika ada dua lokasi direktori yang dishare maka direktori yang terbaca adalah direktori yang di set sebagai home direktori.


Kalau sudah selesai menambahkan user sekarang kita langsung saja coba FTP servernya. kali ini client yang saya gunakan adalah Ubuntu, di ubuntu masuk ke nautilus kemudian tekan Ctr+L dan ketik IP addres dari server kita tadi. oo iya IP server bukan 127.0.0.1 tapi IP yang digunakan di NIC. misal ane konek ke client dengan menggunakan wireless maka IP server ane adalah IP dari Interface wireless ane..
Previous Post Next Post

Contact Form